Jum’at, 01 Mei 2020 • 10: 08

(Gizchina)

Redmi Note 9 resmi menggelincir dengan dukungan chipset MediaTek Helio G85. Smartphone Redmi terbaru itu menjadi salah satu smartphone baru yang menjalankan Helio G85. Dengan cukup menarik, chipset Helio G85 tersebut sangat cocok untuk digunakan di smartphone gaming. Processor Helio G85 diperkenalkan sekitar  tiga bulan setelah Helio G80 diumumkan beriringan dengan Realme 6i.

Sebenarnya, tidak banyak perubahan pada Helio G85 jika kita membandingkannya dengan pendahulunya. MediaTek Helio G85 masih merupakan chipset 12nm dengan pengaturan Core 2 + 6. Oleh karena itu, processor ini memiliki kluster 2x Cortex-A72 yang memiliki clock speed  dua. 0Ghz plus 6x Cortex-A55 core. Processor ini memiliki clock speed yang serupa dengan Helio G80. Satu-satunya perubahan nyata terletak pada dukungan GPU.

Kelola grafis GPU yang didukung di processor Helio G85 masih merupakan Mali G52 MC2, namun, clock speed 1 GHz. Sedangkan Helio G80 memiliki GPU dengan clock speed 950MHz. Jadi terlihat adanya  peningkatan 50MHz.

Selain tersebut, MediaTek menghadirkan HyperEngine untuk  meyakinkan kinerja terbaik dari chipset tersebut dalam menjalankan game-game berat. Sayangnya, MediaTek belum merilis detail sempurna spesifikasi processor Helio G85. Semoga MediaTek menerbitkan lembar spesifikasi lengkap di situs webnya dalam kaum hari mendatang.

Meskipun spesifikasinya belum diberikan sebab MediaTek, kabarnya chipset Helio G85 ini tetap memberikan kinerja yang solid dan stabil. Jika hasil benchmark  AnTuTu bisa dijadikan kaidah untuk tujuan perbandingan, Redmi Note 9 yang menjalankan Helio G85 menawarkan peningkatan dalam hal kinerja dibandingkan dengan Redmi Note 8. (*)

Sumber info menarik lainnya di Data HK