Jakarta, Selular. ID – Bulan kemerdekaan republik Indonesia nampaknya menjadi salah satu peluang bagi beberapa vendor smartphone untuk memperkenalkan ponsel terbarunya. Smartphone dengan harga terjangkau sepertinya menjadi mayoritas yang hadir pada bulan Agustus 2021.

Seperti biasa, team Selular akan merangkum deretan smartphone yang baru saja rilis selama satu bulan belakangan kemarin. Penasaran apa saja jajaran ponsel anyar tersebut? Langsung saja, berikut team Selular uraikan untuk Anda!

Daftar 10 Smartphone Rilisan Agustus 2021:

  • Advan G9
  • Nokia G20
  • Samsung Galaxy Z Flip3 5G Thome Browne
  • Samsung Galaxy Z Fold3 5G Thom Browne
  • Realme GT Master Edition 5G
  • Poco X3 GT
  • Oppo Reno6 5G
  • Oppo Reno6 Pro 5G
  • Tecno Spark 7 NFC
  • Samsung Galaxy A03s

1. Advan G9

Rp1. 199. 000

Daftar smartphone rilisan Agustus 2021 yang pertama yakni series Advan G9. Usai rilis series GX dan G5 Plus pada bulan Juli 2021 kemarin, rupanya brand smartphone lokal yang satu ini langsung tancap gas dengan memperkenalkan series berikutnya di bulan Agustus 2021.

Advan G9 punya RAM sebesar 4 gigabyte dengan penyimpanan internal sebesar 32 gigabyte, yang cukup mumpuni jika digunakan untuk menyimpan banyak dokumen, foto, video, ataupun game mobile.

Ponsel lokal yang satu ini juga membenamkan baterai jumbo berkapasitas 5. 000mAh, yang dipadukan oleh chipset Unisoc SC9863A dengan prosesor octa-core A55 1. 6GHz + 1. 2GHz sebagai otak dari series G9 ini.

Jika disandingkan dengan harganya yang dibanderol hanya Rp1, 3 jutaan, Nokia G50 terbilang cukup worth it untuk digunakan sebagai perangkat aktivitas sehari-hari. Atau, bisa juga digunakan untuk sarana pembelajaran jarak jauh alias PJJ para pelajar.

Hadir dalam dua warna yakni Silver dan Blue, ponsel cerdas ini mengusung layar 6. 6 inchi Super Big Screen dengan pencahayaan lebih cerah membuat tayangan film, video dan konten media sosial terasa lebih tajam dan nyaman.

Berbicara soal kemampuan fotografinya, Advan G9 dilengkapi dengan 4 lensa berkualitas tinggi, tersusun atas kamera utama sebesar 16MP yang dapat menangkap gambar objek lebih tajam. Terdapat juga tiga buah lensa kamera berkekuatan 0. 3MP untuk menghasilkan foto dengan latar belakang blur atau bokeh. Selain itu, Advan G9 juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8MP yang dipercantik dengan kehadiranfitur Beauty didalamnya.

repayments Nokia G20

Rp2. 499. 000

Selanjutnya ada Nokia G20. Series smartphone Nokia yang diklaim memiliki masa pakai baterai lebih Panjang ini, ditopang oleh baterai berkapasitas 5. 050mAh.

Hadir dengan dua pilihan warna, yakni Night dan Glacier, Nokia G20 memiliki konffigurasi RAM 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 64GB dengan dipadukan oleh chipset MediaTek Helio G35, serta mengusung layar teardrop 6. 5 inchi yang imersif.

Ponsel anyar Nokia yang menjalankan OS Android 11 ini, dilengkapi dengan kejernihan kamera utama beresolusi 48MP dan kamera selfie sebesar 8MP. Fitur lainnya yang tersemat di dalam smartphone Nokia G20 ini diantaranya yakni fitur NFC, Dual SIM, fitur keamanan sensor sidik jari, USB Type-C, serta OZO Audio yang imersif dengan perekaman suara surround.

Tetap bertahan pada tradisi, Nokia G20 terinsipirasi desain khas Nordik dan hadir dalam dua pilihan warna – dapat diganti bagian chassis – warna Night yang berkilau dan Glacier yang keren. Merupakan perpaduan antara keandalan ponsel Nokia yang terkenal dengan teknologi mumpuni. Hasilnya sebuah ponsel dengan daya tahan lebih lama, luar biasa ketika dipandang sekaligus impian untuk meggunakannya.

3. Samsung Galaxy Z Flip3 5G Thome Browne dan Z Fold3 5G Thome Browne

Rp35. 999. 000 ( Galaxy Z Flip3 5G Thome Browne )

Rp51. 999. 000 ( Galaxy Z Fold3 5G Thome Browne )

Selain Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, Samsung juga meluncurkan varian khusus dari keduanya melalui kolaborasi dengan desainer kenamaan dunia, Thom Browne. Kolaborasi ini menyajikan desain eksklusif pada perangkat clamshell dan foldable terbaru Samsung. Sayangnya, kedua smartphone tersebut tersedia dalam jumlah terbatas, konsumen bisa mendapatkan keduanya melalui program pre-order mulai 11 Agustus 2021 eksklusif di website resmi Samsung Indonesia.

Di dalam paket spesial ini, Galaxy Z Fold3 5G atau Galaxy Z Flip3 5G juga dilengkapi perangkat Galaxy Ecosystem lainnya, yaitu Galaxy Watch4, Galaxy Buds2, dan aksesori lainnya, yang seluruhnya didesain berwarna putih dengan aksen ciri khas Thom Browne. Serta, disediakan pula S Pen khusus pada kemasan Galaxy Z Fold3 Thom Browne Edition untuk para konsumen setia Galaxy Fold.

Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 5G Thom Browne Edition hadir dalam warna Thom Browne White dengan aksen biru dan merah. Warna khas dari brand fashion papan atas dunia tersebut berpadu sempurna dengan bodi kaca yang ramping di masing-masing perangkat Galaxy Z terbaru. Engsel yang tampil dalam warna perak nan mengilap pun mampu memberikan pantulan cahaya yang menarik dan menambah keunikan desain yang dimiliki.

Tampilan UI kedua smartphone ini telah mendapat sentuhan khusus, berbagai elemen dalam tema seperti wallpaper, lock screen, hingga ikon aplikasi bertema Thom Browne. Baik box maupun di dalam paket penjualan kedua smartphone ini juga kental dengan nuansa Thom Browne White. Di dalam box terdapat berbagai aksesoris yang didesain khusus ala Thom Browne.

Disertakan pula Galaxy Buds2 yang juga mengusung warna Thom Browne White, lengkap dengan case berwarna senada. Pembeli juga akan mendapatkan Galaxy Watch4 bertema Thom Browne yang dibekali dengan tiga strap sekaligus dan wireless charger.

Dalam paket pembelian juga disertakan case smartphone berbahan kulit dengan detail jahitan yang begitu halus dan serta wireless charger. Khusus untuk Galaxy Z Fold3, Samsung turut menyertakan S Pen Pro di dalam kemasan.

4. Realme GT Master Editiom 5G

Rp5. 299. 000 ( 8GB + 256GB )

Rp4. 999. 000 ( 8GB + 128GB )

Usai rilis di Cina, akhirnya series Realme GT Master Edition resmi mendarat di Indonesia dalam ajang tahunan Realme Fan Festival 2021 yang digelar pada Rabu (18/8/2021), melalui live streaming di channel youtube Realme Indonesia.

Hadir dengan dua pilihan warna trendi yakni Voyager Grey dan Daybreak Blue, smartphone 5G flagship killer yang sudah ditunggu-tunggu oleh fans Realme ini, mengadopsi prosesor Snapdragon 778G 5G dengan fabrikasi 6nm, yang merupakan debut pertamanya di Realme GT Master Edition. Kemudian, layar besar Super AMOLED sebesar 6, 43 inchi pada Realme GT Master Edition juga diklaim mampu menghasilkan pengalaman bermain game yang sangat halus.

Dari segi desain, Realme berkolaborasi dengan desainer ternama asal Jepang, Naoto Fukasawa, untuk memproduksi perangkat yang mengusung tema Ua Slim and Master Design. Realme GT Master Edition ini memiliki bodi super tipis 8mm dan super ringan 174g, membuat Realme GT Master Edition nyaman digenggam.

Terinspirasi oleh hal yang paling merepresentasikan perjalanan yaitu koper, Naoto Fukasawa mendesain smartphone menjadi bentuk “koper”, dan mereplikasi grid horizontal koper, memungkinkan pengguna agar secara alami teringat akan nuansa liburan di masa pandemi ini. Tetapi buat yang tak suka desain nyentrik, Realme GT Master Edition 5G juga punya desain lain yang simple tetapi tetap stylish, yaitu terbalut dengan varian warna Daybreak Blue.

Ponsel yang memiliki fitur NFC ini dilengkapi dengan baterai 4300mAh yang mendukung 65W SuperDart Charge. Untuk bagian fotografi, Realme GT Master Edition dilengkapi dengan kamera utama 64MP, lensa ua lebar 119°, dan lensa makro 4cm. Kamera utama 64MP dapat merekam dengan sempurna dari jauh ke dekat, dari siang hingga malam, dan dari portrait ke landscape.

Sementara untuk kamera selfienya, tersemat sensor Sony IMX615 beresolusi 32MP F2. 45 dengan bidang pandang FOV 85 derajat. Sensor Sony memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik, dan dengan resolusi tinggi, pengguna dapat membuat setiap foto selfie menjadi sangat tajam.

5. Poco X3 GT

Rp4. 399. 000 ( 8GB + 128GB )

Rp4. 799. 000 ( 8GB + 256GB )

Poco X3 GT membawa chipset flagship level terbaru untuk pertama kalinya di Indonesia, yaitu Dimensity 1100. Chipset ini menghadirkan CPU berukuran 6nm pertama di jajaran smartphone Poco, dengan performa, efisiensi daya dan konektivitas lebih baik dalam menghadirkan pengalaman  pengguna terbaik ketika memainkan game favorit.

Pengguna akan terkoneksi dengan baik menggunakan modem integrated 5G, slot kartu SIM 5G ganda, dan dukungan WiFi 6. Poco X3 GT tetap dingin sepanjang waktu berkat LiquidCool Technology 2. 0, teknologi pendinginan cair unggulan yang memastikan kinerja yang tahan lama.

Poco X3 GT juga menawarkan aspek penyimpanan yang lega, dengan pilihan storage sebesar 128GB dan 256GB, serta memori 8GB di kedua varian. Dengan teknologi virtual expandable RAM sebesar 2GB. Teknologi UFS 3. 1 yang disematkan pada Poco X3 GT turut membawa performa yang lebih cepat untuk memudahkan akses penyimpanan data dan loading aplikasi ataupun game.

Lalu, Poco X3 GT juga menjadi smartphone Poco pertama dengan fitur Turbo Charging 67W, yang mampu mengisi daya dari 0% hingga 100% hanya dalam 42 menit. Kapasitas baterai sebesar 5000mAh membuatnya bisa digunakan terus menerus dan tetap bertenaga sepanjang hari.

Layar Poco X3 GT menggunakan teknologi layar FHD+ 6, 6 inch DotDisplay dan responsif berkat flagship-level 120Hz refresh rate dan 240Hz touch sampling rate. Fitur mutakhir Poco X3 GT semakin bersinar melalui tiga  kamera 64MP serbaguna, termasuk kamera utama 64MP, kamera ua-wide 8MP, dan kamera makro 2MP. Dengan setup ini, pengguna mampu menangkap video Pro Time-Lapse dan memilih foto terbaik dari burst mode dengan teknologi AI Shutters.

Poco X3 GT memiliki desain baru dengan tampilan premium yang lebih sempurna. Dengan desain tepian yang membulat serta bobot  ringan 193g  dengan  ketebalan 8. 9mm, perangkat  ini menawarkan pegangan yang nyaman. Poco X3 GT tersedia dalam tiga warna stylish Stargaze Black dengan sentuhan akhir glossy yang klasik, serta Cloud White dan  Wave Blue yang memberikan sentuhan desain kontemporer.

Smartphone ini telah dilengkapi dengan sensor IR Blaster yang dapat berfungsi ganda sebagai remote universal. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai perangkat elektronik di rumah seperti televisi dan AC, tanpa harus melalui proses bluetooth pairing yang rumit.

Poco X3 GT juga telah mendukung sistem user interface MIUI 12. 5 terbaru dengan berbagai fitur anyar yang menawarkan performa lebih cepat. MIUI 12. 5 turut menghadirkan efek transisi yang membawa kesan premium pada tampilan, serta mekanisme keamanan baru yang mampu meningkatkan privasi bagi pengguna.

6. Oppo Reno6 5G

Rp7. 999. 000

Oppo Reno6 5G hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 900 yang diracik dengan RAM 8 GB. Memori internalnya berdaya tampung 128 GB namun tak disediakan slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan.

Ada tiga kamera yang dipasang di bagian belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 64 MP, ua-wide 8 MP dan makro 2 MP. Sementara, kamera yang dipasang di punch hole berukuran 32 MP.

Oppo Reno6 5G hadir dengan ketebalan 7, 59 mm dengan bobot 182 gram. Ia hadir dalam dua varian warna, yakni Aurora dan Stellar Black. Panelnya mengusung AMOLED dengan bentangan layar 6, 4 inch. Resolusi ponsel ini Full HD+ dengan refresh rate 90Hz dan punya rasio screen to body mencapai 91, 7%. Untuk kapasitas Baterai, Reno6 5G didukung baterai berkapasitas 4. 300 mAh dengan dukungan SuperVOOC 2. 0 65W.

7. Oppo Reno6 Pro 5G

Rp10. 999. 000

Reno6 Pro 5G ditenagai chipset Snapdragon 860 yang dipadukan dengan RAM 12 GB. Memori internalnya cukup lapang, yakni 256 GB. Empat kamera menghiasi bagian belakang. Kamera utamanya berukuran 50 MP yang disandingkan dengan lensa ua-wide 16 MP, telephoto 13 MP dan makro 2 MP.

Sementara kebutuhan selfie diberikan kamera 32 MP yang letaknya di punch hole sisi kiri atas layar. Oppo Reno6 Pro 5G membawa layar AMOLED tepian melengkung. Ukuran layarnya sendiri 6, 5 inch dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Baterai yang dipasang pada Reno6 Pro 5G ini berkapasitas 4. 500 mAh dengan pengisian cepat Super VOOC 2. 0 65W.

8. Tecno Spark 7 NFC

Rp1. 349. 000

Tecno Mobile secara resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka dari line-up Spark Series, yaitu Spark 7 NFC. Dilengkapi teknologi terkini untuk generasi muda yang mempunyai mobilitas tinggi, Spark 7 NFC datang dengan fitur andalan Near-Field-Communication, atau yang lebih dikenal dengan NFC.

Smartphone ini dipersenjatai rangkaian teknologi kontemporer mulai dari Chipset Helio A25, Memori 2+32GB, Dual Rear AI Camera repayments 0 dengan LED Flash, dan baterai 5. 000 mAh yang tahan lama. Spark 7 NFC memiliki tampilan fashionable ala anak muda, dengan 3 warna modern yaitu Magnet Black, Spruce Green dan Morpheus Blue yang colorful namun tetap bergaya elegan.

Dengan fitur NFC yang disematkan ke Spark 7 NFC, pengguna dapat melakukan mobilitas tanpa batas bahkan di tengah keterbatasan pandemi seperti saat ini. Fitur NFC akan memudahkan pengguna untuk mengurangi kontak fisik guna menghindari penyebaran virus Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi nirkabel jarak dekat tersebut.

Selain mengecek dan mengisi saldo uang elektronik atau kartu e-toll, NFC juga akan memudahkan produktivitas pengguna di masa kini yang serba digital, seperti mengirim dan menerima data, membagikan kontak, serta menyambungkan dua perangkat hanya dengan menempelkan perangkat.

Namun, keberadaan teknologi NFC yang canggih ini cenderung tersemat pada smartphone di kelas menengah atau flagship, yang rata-rata harganya dibanderol seharga Rp3 jutaan ke atas dan tak dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Berangkat dari hal itu lah yang menginspirasi Tecno Mobile untuk menghadirkan Spark 7 NFC yang dirancang sesuai kebutuhan Gen Z masa kini, yang sangat identik dengan cashless generation.

9. Samsung Galaxy A03s

Rp1. 799. 000

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) secara resmi memperkenalkan smartphone Galaxy A Series terbaru, yaitu Samsung Galaxy A03s ke pasar Indonesia. Untuk spesifikasinya sendiri, perangkat ini untuk dapur pacunya mengandalkan chipset Helio P35 Octa – 3GHz + 1. 8GHz dan diperkuat kembali dengan memori lega yang meliputi RAM sebesar 4GB serta penyimpanan internal sebesar 64GB. Kemudian untuk layarnya, smartphone ini mengusung layar berukuran 6, 5 inci HD+ PLS Infinity-V dengan resolusi layar (20: 9).

Kemudian pada sektor daya bidik perangkat ini disamatkan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 13MP (F2. 2), kamera Depth 2MP (F2. 4), dan kamera Macro 2MP (F2. 4). Smartphone ini disamatkan baterai sebesar 5. 000 mAh, cukup besar untuk mendukung kesibukan anak muda di era pandemi.

Dari sepuluh daftar smartphone rilisan Agustus 2021 di atas, mana yang menjadi jagoan Anda? Semoga daftar smartphone yang team Selular rangkum kali ini bisa membantu Anda untuk memilih smartphone sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Jangan lupa juga tonton video di bawah ini: