Jakarta, Selular. ID – Indosat Ooredoo mengumumkan kesiapannya membangun jaringan transport yang jadi untuk 5G, di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang didukung teknologi baru dari Cisco, yaitu arsitektur jaringan Software-defined Networking (SDN) terkonvergensi, dan Segment Routing IPv6 (SRv6).

Transformasi menuju jaringan transport SDN terkonvergensi, akan mewujudkan simplifikasi jaringan, mengoptimalkan kapasitas, dan meningkatkan skalabilitas jaringan, dengan menjaga latensi jaringan dengan konsisten dan unggul. Jaringan transport SDN tersebut secara bersamaan mau dapat mendukung layanan perusahaan & bisnis, serta layanan fixed & mobile broadband.

Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo menyatakan, kerjasama ini yang mendukung perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo untuk memper jaringan transport generasi baru dengan dapat diprogram.

Didukung teknologi Software-Defined Network dan fungsi routing cerdas dari Segment Routing IPv6, jaringan tersebut siap untuk kebutuhan masa depan dan menanggung otomatisasi operasional.

Secara hal ini, akan terwujud simplifikasi jaringan dengan biaya optimal, untuk memberikan layanan on-demand yang berkualitas tinggi dan latensi rendah untuk mendukung 5G, cloud computing serta IoT, untuk pelanggan segmen usaha dan retail di seluruh Nusantara.

Sementara Sanjay Janji, President, Asia-Pacific and Japan, Cisco Service Provider Business, menuturkan, bergabung Indosat Ooredoo, siap menghantarkan jaringan yang siap untuk 5G, berdasarkan infrastuktur transport IP and SDN yang terkonvergensi, dirancang untuk melampaui semua ekspektasi pelanggan segmen retail dan bisnis.

“Fokus kami adalah untuk memastikan Indosat Ooredoo memiliki pondasi yang berpengaruh untuk menumbuhkan pendapatan, mengoptimasi kos dan memitigasi resiko. Sejalan dengan transformasi digital yang semakin cepat di seluruh dunia, segmen pelanggan retail dan bisnis akan merasakan keuntungan dari jaringan Indosat Ooredoo yang didukung teknologi SDN terkonvergensi dan Segment Routing IPv6 sejak Cisco”tutur Sanjay.

Menyuarakan Juga: Indosat Ooredoo Dorong Digitalisasi Dunia Pendidikan

Jaringan baru ini secara menyeluruh dibantu segment routing IPv6, yang menampilkan arsitektur jaringan terpadu dan policy-aware, dengan integrasi yang mulus antara domain transport dan domain data-center. Segment routing juga mewujudkan keahlian pemisahan jaringan dengan biaya yang efektif dan latensi rendah, yang merupakan salah satu prasyarat sari untuk layanan 5G.

Langkah penting ini akan mentransformasi arsitektur jaringan transport Indosat Ooredoo secara menyeluruh, sesuai komitmen untuk membangun salah satu jaringan transport paling modern di Asia Tenggara. Dengan tranformasi ini, disertai penggelaran jaringan fiber optik yang medium berlangsung, jaringan transport Indosat Ooredoo siap untuk memenuhi kebutuhan periode depan akan layanan konektivitas berkualitas tinggi dan scalable bagi konsumen baik segmen retail maupun bisnis, dengan performansi yang unggul serta konsisten.