Jakarta, Selular.ID – Hampir tepat dua bulan lalu, Google meluncurkan Android 12 dan itu adalah tampilan baru terbilang fantastis. Beta ketiga tersedia sekarang untuk beberapa ponsel Android terbaik dan dapat diunduh di waktu luang anda.

Meskipun Google hanya menyoroti 3 tambahan besar untuk beta 3, Android 12 beta 3 kami membuktikan bahwa ada lebih banyak lagi dari versi baru ini. Melakukan percobaan dengan Pixel 4 XL. Visi khusus Android 12 ini tentu saja adalah pengalaman Pixel, namun, anda dapat mengharapkan sebagian besar fitur ini akan hadir untuk ponsel yang menggunakan versi Android 12 yang lebih vanilla.

Produsen dengan tampilan yang lebih disesuaikan, seperti Samsung, kemungkinan akan menggunakan versi dari setiap fitur baru yang ditambahkan di masa mendatang. Fitur lain, seperti dasbor game baru, sudah dapat ditemukan di banyak ponsel dan mewakili Google menambahkan fitur yang membangun fungsionalitas sistem operasi dasar.

Warna

Android 12 beta 2 memperkenalkan tema warna otomatis sebagai bagian dari bahasa desain Material You yang baru, dan Android 12 beta 3 kini memberi pengguna lebih banyak kontrol manual tentang bagaimana warna tersebut diterapkan di seluruh sistem.

Wallpaper dan pemilih gaya yang didesain ulang adalah peningkatan besar dari antarmuka sebelumnya, menawarkan lebih banyak opsi di depan untuk dipilih dan pratinjau warna yang lebih baik. Saat anda menerapkan wallpaper, pemilih wallpaper kini menawarkan empat opsi warna dinamis untuk dipilih.

Selain itu, anda dapat memilih satu warna solid untuk diterapkan ke elemen UI seperti tombol pengaturan cepat. Untuk saat ini, ini tampaknya menjadi empat warna yang sama, apapun wallpaper yang anda pilih.

Warna biru cerah, hijau hutan, ungu lavender, dan coklat kekuningan dapat dipilih dalam mode cahaya. Mode gelap mengubah warna-warna ini menjadi versi pastel yang lebih terang dengan warna yang sama. Secara pribadi, saya berharap untuk lebih banyak warna dan berharap Google menambahkan lebih banyak di masa depan.

Google telah memindahkan mode gelap ke wallpaper dan pemilih gaya untuk kenyamanan pengaturan yang masuk akal dan sejalan dengan sistem operasi lain seperti Windows 11. Beralih antara mode terang dan gelap juga akan sedikit mengubah warna yang disarankan, mengubah warna pastel menjadi warna yang lebih cerah tergantung pada tema dasarnya.

Opsi baru untuk ikon tema bersama dengan warna yang dipilih juga kini hadir di wallpaper dan pemilih gaya yang didesain ulang. Ikon yang mendukung tema otomatis akan menerima tampilan datar berwarna baru yang selaras dengan warna sistem.

Pengembang perlu memperbarui aplikasi untuk mendukung fungsi ini sehingga anda akan melihat banyak warna campuran sampai itu terjadi. Jika anda adalah penggemar berat tema semacam ini meskipun, anehnya, kemampuan untuk memilih bentuk ikon tidak ada dalam build ini. Jika diasumsikan ini akan ditambahkan kembali di Beta 4 tetapi akan memeriksa dengan Google untuk memastikan.

Seperti yang telah kita lihat dan diharapkan dari versi beta sebelumnya, masih ada banyak gangguan visual yang perlu diperbaiki Google sebelum dirilis. Pixel 5 tampaknya menderita jumlah bug visual yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan Pixel 4, untuk alasan apapun itu.

Salah satu contoh penting adalah bilah status memilih warna yang salah yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dibaca pada latar belakang warna tertentu. Tampilan gemerlap itu sekarang benar-benar hilang dalam versi beta 3, digantikan oleh efek pudar yang jauh lebih halus selama animasi.

Secara pribadi, saya cukup sedih tentang penghapusan ini dan ingin melihatnya ditambahkan kembali sebagai efek opsional jika pengguna menyukainya. Banyak OEM memberi pengguna cara untuk menyesuaikan animasi di seluruh UI dan Google juga harus melakukannya.

Kemiringan dan ketukan

Selama bertahun-tahun sekarang banyak OEM telah menawarkan apa yang umumnya dikenal sebagai kotak peralatan game. Google menambahkan jenis fungsi ini ke Android 12 disebut Dasbor permainan tetapi sebagian besar masih di belakang layar dalam versi beta 3.

Anda dapat menemukan opsi untuk mengaktifkan kotak alat ini di pengaturan tetapi, untuk saat ini, tidak ada yang terjadi saat anda meluncurkan permainan. API game baru ini juga akan memungkinkan pengembang untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik dari ponsel, membantu menghemat masa pakai baterai dengan beberapa trik baru, dan membuat game seluler lebih menyenangkan secara keseluruhan.

Sementara Kit Pengembangan Game Android baru menyertakan beberapa tambahan di belakang layar yang hanya akan diketahui pengguna dalam jangka panjang, fitur baru yang terlihat oleh pengguna muncul dalam versi beta 3 yang akan membuat perbedaan besar saat mengunduh saat bepergian mainkan saat anda mengunduh.

Trik pembelajaran mesin

Salah satu sorotan yang lebih halus dari beta 3 berkisar pada rotasi perangkat. Meskipun anda mungkin tidak menyadarinya pada awalnya, Pixel anda sekarang akan menggunakan kamera menghadap ke depan untuk mencari tahu ke arah mana Anda sebenarnya mencoba memegang telepon.

Ini adalah salah satu fitur lama Samsung yang digunakan selamanya dan sudah lama terlupakan, tetapi implementasi baru Google akan berfungsi dengan baik setelah diterapkan sepenuhnya. Rotasi perangkat pintar baru menggunakan kamera untuk memastikan ponsel anda hanya berputar saat anda menginginkannya.

Sekarang, sebelum anda menjadi panik karena ponsel anda mencoba mengenali wajah anda dan arahnya, jangan Google menggunakan Android Private Compute Core yang baru. Data visual tidak disimpan dan hanya dapat diakses di dalam bagian pribadi yang di kotak pasir dari perangkat keras ponsel anda.

Hal ini membuat jumlah fitur yang digunakan oleh Private Compute Core menjadi empat, sebelumnya bergabung dengan Live Caption, Now Playing, dan Smart Reply. Anda harus mengaktifkan fitur ini secara manual, yang ditemukan di bawah rotasi perangkat, agar dapat berfungsi.

Mungkin ketika anda mencoba dengan mengaktifkan dan menonaktifkannya dan tidak melihat perbedaan. Bahkan, anda cukup yakin fitur ini sebagian besar rusak. Beberapa kali sekarang, telepon akan macet dalam rotasi lanskap dan harus memutarnya beberapa kali sebelum mengetahui mana yang dipegang. Mungkin pembelajaran mesin belum melewati tahap awal untuk fitur khusus ini dulu.

Idenya adalah bahwa itu seharusnya membantu pengguna yang menggunakan ponsel mereka sambil berbaring tetapi hasilnya sama untuk anda ketika anda menguji berdiri, duduk, dan berbaring. Rotasi juga seharusnya terjadi 25% lebih cepat karena deteksi gerakan pembelajaran mesin tetapi, sekali lagi, saya tidak melihat perbedaan nyata.

Mengisi dengan baik

Gambar di atas mungkin merupakan pemandangan yang menyakitkan jika Anda telah menjadi pengguna Pixel untuk sementara waktu sekarang. Statistik baterai tidak lagi anemia di Android 12, akhirnya menampilkan data granular yang sebenarnya berguna tepat di garis depan bagian baterai dalam pengaturan.

Selain itu, sekarang lebih mudah untuk mengelola apakah aplikasi dioptimalkan kinerjanya untuk konsumsi baterai sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh beberapa OEM lainnya. Pencarian sekarang harus bekerja lebih baik di semua aplikasi yang menggunakan API Pencarian Aplikasi baru dengan bekerja lebih seperti OS lain.

Jika anda pengguna Mac, anda akan memahami bahwa fungsi ini mirip dengan Pencarian Spotlight dan dapat meningkatkan kemajuan aplikasi secara signifikan. Titik indikator privasi baru tersebut baru saja mendapatkan API baru yang dapat digunakan pengembang untuk melacak posisi mereka di layar, membantu menghindari elemen UI dalam aplikasi tercakup oleh ikon baru ini.

Sebagai catatan, anda akan menemukan bahwa beberapa ikon hijau muncul di sudut layar setiap kali aplikasi mengakses mikrofon, kamera, atau lokasi anda. Itu membantu anda mengetahui kapan suatu aplikasi memanfaatkan tiga izin paling pribadi kapan saja.

Orang-orang yang memiliki ponsel besar dan kesulitan mencapai puncak dengan satu tangan akan sangat senang dengan gerakan menggesek satu tangan yang baru. Google menerapkan konsep ini dalam versi beta sebelumnya tetapi sekarang memungkinkan seluruh layar menyusut dengan menggeser cepat ke bawah pada bilah gerakan atau bilah navigasi di bagian bawah layar.

Menggesek ke atas mengembalikan mode layar penuh dan terasa sangat fantastis untuk digunakan. Anda juga akan menemukan tombol tangkapan layar bergulir baru yang berguna saat mengambil tangkapan layar di Android 12 beta 3.

Seperti kotak alat permainan, fitur ini tidak akan baru bagi orang-orang yang terbiasa dengan ponsel non-Pixel, karena telah digunakan di beberapa cara oleh banyak OEM selama bertahun-tahun sekarang. Namun, sekali lagi, ini memunculkan denominator yang paling tidak umum dan membuat lini Pixel Google lebih kompetitif.

Beta 3 menandai set terakhir API yang diperkenalkan untuk pengembang, artinya anda tidak akan melihat fitur baru yang besar ditambahkan di Android 12 beta 4 bulan Agustus nanti. Rilisan itu terutama akan menghancurkan bug dan memberikan pengalaman yang lebih solid secara keseluruhan sangat bagus hal mengingat saya mengalami lebih banyak bug dalam build ini daripada yang sebelumnya, termasuk beberapa yang memaksa saya untuk me-restart telepon.