Jakarta, Selular. ID – Departemen Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah resmi mengugumkan tiga operator telekomunikasi yaitu  Smartfren, Telkomsel dan Tri Indonesia sebagai pemenang lelang pita frekuensi radio 2, 3 GHz rentan 2360-2390 MHz.

Ketiga operator dinyatakan berhak menyikat pita frekuensi 2, 3 GHz setelah tidak adanya sanggahan sebab peserta seleksi atas hasil penjaringan yang dilakukan oleh Kemkominfo.

  Baca juga: Negeri Lelang Frekuensi 2, 3 GHz  

Seperti diketahui, dalam keterangan ini Smartfren akan menganalogikan Blok A. Kemudian Telkomsel membandingkan Blok C, dan Tri hendak mengelola Blok B. Ketiga operator tersebut mengajukan harga penawaran yang sama, yakni Rp144, 867 miliar.

Sesuai dengan penjelasan pada dokumen seleksi bahwa harga permohonan peserta Seleksi Pengguna Pita Saluran 2, 3 GHz Pada Membentangkan 2360 – 2390 MHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak selular adalah sesuai dengan harga pokok penawaran (Reserved Price) dalam peristiwa hanya terdapat kurang dari atau sama dengan 3 peserta opsi yang lulus evaluasi administrasi Opsi Pengguna Pita Frekuensi 2, 3 GHz,

Seleksi pengguna pita frekuensi radio 2, 3 GHz itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan bergerak seluler, memajukan kualitas layanan secara maksimal, serta mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur TIK dengan teknologi generasi kelima (5G).

Sebagai informasi, frekuensi 2, 3 GHz sebelumnya dihuni oleh operator telekomunikasi Broadband Wireless Access (BWA), namun kini pemerintah telah mencabut izin frekuensi milik tiga operator BWA tersebut di Desember 2018 lalu, yaitu PT First Media (KBLV), PT Internux (Bolt) serta Jasnita Telekomindo. Pemerintah memutuskan tidak memperpanjang lisensi operator BWA dan mengalihkan frekuensi itu untuk layanan bergerak seluler.