Jakarta, Selular. ID – Laporan terbaru Opensignal menyebut rata-rata kecepatan unduh 5G secara global adalah 447, 8 Mbps. Dan operator asal Taiwan yaitu FarEasTone Telecommunications mendapatkan kecepatan unduh 5G paling gemilang dari semua operator.

Secara umum perusahaan telekomunikasi di Asia Timur mendominasi katagori kecepatan unduh. Empat dari enam operator teratas bahkan didominasi dari Asia Timur, yaitu FarEasTone diikuti oleh SK Telecomat Korea Selatan 417, 6 Mbps dan Chunghwa Taiwan pada 391, 3 Mbps.

Kecepatan unggah juga dikuasai oleh FarEasTone, yang dimana mereka memiliki kecepatan unggah di jaringan 5G dengan rata-rata 66 Mbps, menurut laporan Opensignal.

Dalam hal ketersediaan 5G, Opensignal menyebut T-Mobile operator selular asal Amerika dan STC Kuwait sebagai pemenangnya. Pengguna di jaringan kedua operator tersebut dapat terhubung ke 5G lebih dari sepertiga waktu. Dan duo operator tersebut secara statistik memiliki skor masing-masing 35, 7% dan 33, 6%.

Sementara Chunghwa, FarEasTone, dan T-Mobile di Belanda adalah pemenang global untuk pengalaman Video 5G dengan skor masing-masing 85, 84, 8, dan 84, 4 poin. Pengguna di jaringan operator AIS asal Thailand memiliki pengalaman streaming video terbaik, yaitu sekitar 36, 6%. Kendati demikian menurut Opensignal berdasarkan hasil risetnya di 24 operator menilai, rata-rata semua operator yang menghadirkan layanan 5G mengalami 10% peningkatan pengalaman Video secara menyeluruh.

Selain itu Opensignal juga menunjukan tujuh operator di era 5G memiliki pengalaman game terbaik ketimbang era 4G, yang dimana empat operator Korea Selatan KT, SK Telecom, dan LG U+ bersama-sama memenangkan gelar pengalaman bermain game 5G terbaik, para operator tersebut juga imbang secara statistic oleh T-Mobile dan KPN dari Belanda, Singtel dari Singapura dan Vodafone dari Irlandia.

Operator Filipina Globe juga tercatat alami peningkatan terbesar dalam pengalaman bermain game multipemain di seluler dengan memanfaatkan jaringan selular super cepat tersebut, alhasil operator tersebut mengalami peningkatan kecepatan dengan meraih skor 65, 2% lebih baik daripada skor 4G-nya.