Jakarta, Selular. ID – Huawei memperkenalkan OS selulernya sendiri ke dunia dengan nama Harmony OS pada Juni 2021. Dalam waktu yang sedikit HarmonyOS 2 memiliki 70 juta pengguna.

Menengok kebelakang, jumlah pemakai yang telah menerima update ke HarmonyOS 2 menyentuh 10 juta hanya dalam waktu satu minggu sesudah peluncuran. Dua pekan kemudian, basis pengguna HarmonyOS 2 sudah melampaui 18 juta. Perusahaan mengungkapkan bahwa pengguna melampaui 40 juta di dalam periode 60 hari setelah peluncuran.

Disebutkan Gizmochina, Itu berarti ada sekitar tambahan 30 juta pengguna pada Agustus berserakan. Jika kecepatan melaju dengan konsisten, sistem operasi ragam terbaru dari Huawei itu kemungkinan dapat menembus nilai 100 juta pada 2021.

Sebagian luhur pengguna HarmonyOS 2 berkecukupan di China karena kongsi memang menggulirkan update prima di negara tersebut. Namun Huawei secara perlahan selalu sudah menggulirkan pembaruan dalam deretan perangkat di asing China. Mereka bahkan meluncurkan tablet Huawei MatePad 11 dengan HarmonyOS 2 ke Indonesia pada Agustus awut-awutan.

Seperti diketahui sanksi dari Amerika Serikat membuat Huawei harus melaksanakan sistem operasi miliknya sendiri, Setelah Huawei terkena hukuman dari pemerintah Amerika Serikat, mereka tak bisa sedang menggunakan Google Mobile Services. Deretan perangkat terbaru Huawei terutama smartphone dan gentel kini tak dapat mematuhi sistem operasi Android.

Perusahaan memang berambisi melebarkan sayap agar sistem operasi mereka tak hingga smartphone, melainkan mendukung ekosistem IoT. Huawei sejauh tersebut mengaplikasikannya pada smartphone, gentel, smartwatch, smart TV, router, dan masih banyak teristimewa.
.
Bersamaan dengan peluncuran HarmonyOS 2, Huawei turut mengumumkan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan update pola operasi terbaru pada 100 perangkat (termasuk tablet serta smartphone).

Jadi sistem operasi generasi berikutnya untuk perangkat pintar, HarmonyOS menyediakan bahasa umum buat berbagai jenis perangkat agar dapat saling terhubung & berkolaborasi, memberikan pengguna pengalaman yang lebih nyaman, lancar, dan aman. HarmonyOS memakai teknologi terdistribusi untuk menutup berbagai kebutuhan semua jenis perangkat yang berbeda pada satu sistem, sehingga menguatkan penyebaran yang fleksibel sesuai kebutuhan.

HarmonyOS juga menghubungkan perangkat yang sebelumnya independen menjadi Super Device yang kohesif serta holistik dengan mengintegrasikan seluruh perangkat keras dan sumber daya untuk secara terbuka memanfaatkan kemampuan perangkat komponennya berdasarkan kebutuhan pengguna.

Untuk para developer, HarmonyOS memungkinkan pengembangan lin platform dan penerapan pelaksanaan lintas perangkat, sehingga membuat pengembangan aplikasi di segenap perangkat lebih mudah dari sebelumnya.

Mengaji Juga: HarmonyOS Versi Stabil Tersedia untuk 65 Set Huawei dan Honor

Interaksi antar unit dengan HarmonyOS menjadikan hidup dengan menggunakan beberapa perabot menjadi sesederhana mengendalikan mulia gawai saja. Control Panel yang baru mendukung pertalian sederhana dan intuitif mencuaikan fitur drag and integrate yang mendukung pengguna buat menghubungkan gawai sesuai secara skenario spesifik yang dibutuhkan.

Sebagai meniru, jika ingin menyaksikan film di rumah pada malam hari, yang harus  dikerjakan hanya membuka Control Panel dan mengarahkan ikon smart screen menuju ikon phone, dan film akan dengan langsung berpindah dari layar handphone ke TV. Jika  menggunakan Huawei FreeBuds 4. Pengguna bisa menarik ikon earphone menuju ikon phone, lalu saat film dimulai di smart screen, audio secara otomatis akan diarahkan ke FreeBuds. Ini hanyalah satu contoh dari kemahiran Super Device yang pengguna dapat nikmati.