Jakarta, Selular. ID – Di dalam keterangan resminya, youTube mengklaim jumlah pelanggan YouTube Music dan layanan Premiumnya kini menyetuh angka 50 juta pada Agustus lalu.

YouTube Music & YouTube Premium berkembang dengan pesat di sejumlah negeri seperti Korea, India, Jepang, Rusia, serta Brasil.

Kendati demikian informasi tersebut tidak merinci masing-masing jumlah pelanggan YouTube Music dan Premium, dan seberapa banyak berapa jumlah pelanggan yang hanya memanfaatkan usulan trial selama tiga kamar.

Kendati begitu memang pelanggan platform hiburan tersebut melonjak tajam semenjak Desember 2020 lalu. Zaman itu, YouTube mengumumkan jumlah pelanggan platform music streaming-nya mencapai 30 juta pelanggan.

Dan kisah sukses untuk mendongkrak total pengguna pada layanan premiumnya, salah satunya  strategi yaitu dengan memberi manfaat eksklusif untuk anggota mereka.

Lyor Cohen, Ijmal Head of Music YouTube menceritakan sebagai contoh eksklusifitas yang diberikan pelangganya itu seperti event Tim McGraw yang mengadakan pesta ulang tahun khusus untuk bagian Premium, dan merilis gambar musik barunya.

“Pengalaman penggemar yang dekat seperti ini adalah penyelesaian win-win untuk artis dan anggota Premium, jadi diharapkan akan ada lebih banyak lagi di masa mendatang, ” kata Cohen.

Untuk diketahui, YouTube menawarkan paket berlangganan YouTube Music dengan harga termurah Rp 49. 000 selama satu bulan. Sementara paket YouTube Premium yang bisa digunakan untuk mengakses konten YouTube dan YouTube Music bebas iklan, harga memutar murah dipatok Rp 59. 000.