Selasa, 28 Juli 2020 • 18: 34

Redmi 9 dan Realme C15

Redmi 9 dan Realme C15

Kondisi pandemi Covid-19 tak menyurutkan persaingan antar vendor smartphone. Belum lama diluncurkan ke public, Redmi 9 kini punya penantang baru dari Realme yang hari ini meluncurkan seri C15. Sejatinya, Redmi dan seri C Realme memang ditujukan untuk pasar entry level dengan banderol dalam bawah Rp2 juta.

Nah, buat Anda dengan mengincar produk di segmen ini, kami akan mengulas sederet fitur yang ditawarkan keduanya.

Disain dan layar

Redmi 9 serta Realme C15 sama-sama membawa LCD berukuran 6, 5 inci serta jika dilihat dari depan tampak mirip karena keduanya mengadopsi notch atau poni di bagian pusat sebagai wadah kamera depan. Namun, di bagian belakang, Anda anyar melihat perbedaan yang kentara, Redmi 9 memiliki susunan tiga tustel ke bawah sementara kamera keempat di pisah dan menyatu secara lampu flash LED. Sedangkan lapisan empat karma Realme C15 maujud persegi mirip dadu.

Sejatinya, layar Redmi 9 tampil lebih tajam dengan 1080×2340 piksel, dibandingkan dengan Realme C15 yang hanya 720 x 1560 piksel. Terlebih layar Redmi 9 menurut lembar spesifikasi resminya telah dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Sayangnya kami tidak mendapatkan bahan pasti apakah Realme C15 pula menggunakan pelinding layar yang cocok.

Di bagian bawah kita juga bisa melihat perbedaan yang cukup signifikan, Redmi 9 menggunakan port charging terbaru yaitu USB Type-C dan Realme C15 masih setia dengan micro USB.   UST Type C mempunyai keunggulan dimana Anda bisa menyolok charger tanpa takut terbalik posisinya. Meski demikian, kedua smartphone tersebut sama-sama menawarkan dukungan fast charging 18W.

Kamera

Termasuk kelas entry level, Redmi 9 & Realme C15 cukup menarik dengan menawarkan fitur kamera yang bertambah komplit. Berbekal dengan 4 kamera belakang, Anda bisa menikmati bervariasi mode pemotretan seperti wide, super wide, macro dan depth of field (bokeh).

Perbedaan masing-masing modul kamera bisa Anda lihat pada table berikut:

Perbandingan kamera

Perbandingan kamera

Sejak tabel komparasi kamera di tempat, Redmi 9 menawarkan modul kamera makro dan kamera selfie dengan lebih baik.

Chipset

Redmi 9 dan Realme C15 mengarahkan chipset buatan Mediatek, tetapi dengan model yang berbeda. Redmi 9 mengandalkan chipset Helio G80 dan Realme C15 dengan Helio G35. Perbedaanya bisa Anda lihat di table berikut.

Perbandingan chipset

Perbandingan chipset

Redmi 9 memiliki pengolah grafis yang lebih baik tatkala clockspeed Realme C15 lebih unggul. Artinya, secara teori Redmi 9 bakal lebih smooth untuk dimanfaatkan bermian game, sementara Realme C15 menawarkan multitasking yang lebih gesit.

Menurut laman Nanoreview, pada pengujian yang dilakukan dalam kedua chipset, Redmi 9 memiliki hasil benchmark yang lebih bagus. Silahkan lihat table berikut;

Screenshot / nanoreview.net

Screenshot / nanoreview. net

Baterai

Di atas kertas, Realme C15 mengungguli Redmi 9 di dalam hal kapasitas baterai, dengan 6000 mAh vs 5000 mAh milik Redmi 9.

Dibanding perbandingan fitur ini apakah Kamu sudah menentukan pilihan?   Petunjuk kami sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda  miliki. (*)