Rabu, 26 Agustus 2020 • 18: 33

Huawei Nova 7

Huawei Nova 7

Huawei Consumer Business Group Indonesia tidak berhenti memberikan kejutan kepada pecinta Huawei di Negeri. Meski isu tanpa GMS senantiasa menjegal, pengguna ponsel Indonesia sedang bisa merasakan produk-produk terkini sejak Huawei. Salah satunya yang baru saja diluncurkan adalah dari leretan ponsel kelas menengah, yakni Huawei Nova 7.

Huawei Nova 7 telah dilengkapi dengan chipset yang mendukung 5G. Dengan demikian, produk ini tercatat salah satu produk yang tidak bisa menggunakan layanan Google Mobile Service (GMS). Meskipun fitur 5G nya tidak bisa digunakan untuk saat ini, dan ada prospek dikunci agar tidak dapat dimanfaatkan di Negara dengan jaringan 5G sekalipun. Karena terlepas dari ketidakhadiran layanan GMS, Nova 7 adalah ponsel Huawei kelas menengah dengan membawa semua fitur terkini yang biasanya ada di ponsel flagship. Bahkan hanya dengan 7 jutaan saja, Anda bisa mendapatkannya pada sebuah produk yang sudah siap 5G. Menarik bukan?

Soal GMS, Huawei pun telah punya strategi untuk mengatasinya. Tercatat dengan kehadiran fitur anyar yang akan kita bahas di bagian Software dan UI.

Paket penjualan Huawei Nova 7

Paket penjualan Huawei Nova 7

Paket Penjualan: Handset, Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Buku Manual, Pin Ejector, Earphone Jack 3. 5mm, Audio Adapter 3. 5mm to USB Type-C, Flexible Protective Case

Warna: Midsumer Purple, Space Silver

Harga: Rp 6. 899. 000

Desain Tipis dengan Efek Cermin yang Elegan


Jajaran ponsel Huawei Nova selalu identik dengan desain back cover yang menarik perhatian. Sedang ingatkan dengan tampilan back cover Nova 5T? Nah kurang bertambah seperti itulah tampilan back cover Nova 7. Sama-sama mengusung pola elegan, agar tetap tertampil trendy dan stylish.

Tersedia dua pilihan warna yang mampu Anda pilih saat ini, yakni midsummer purple dan space silver. Produk yang midsummer purple membawa pola back cover dengan gubahan nova yang tersusun memenuhi arah back cover, mirip Nova 5T yang kami review beberapa corak lalu. Untuk itu kami mereview Nova 7 varian berwarna space silver. Tanpa pola tulisan Nova di bagian belakang, back cover Nova 7 terlihat seperti pola. Sedikit licin, dan mudah ditinggali jejak sidik jemari. Tapi tanpa khawatir, Huawei mengerti akan peristiwa ini dan telah menyiapkan cover silikon untuk menambah kenyamanan Kamu saat menggunakan Nova 7.

Berpindah ke bagian sisi ponsel. Di sisi kanan, terdapat tombol Power dan Volume. Tray SIM diletakkan di sisi bawah, berdampingan secara port USB Type-C, microphone, serta speaker utama. Sementara itu, periode permukaan depan dipenuhi oleh layar. Karena kamera selfie dibuat pada bentuk punch hole, maka adang-adang jadi terasa lebih lega.

Layar Punch FullView

Huawei Nova 7 mengusung layar Punch FullView dengan bentangan 6. 53 inci. Membawa panel OLED, dilengkapi Wide Color Gamut (DCI-P3), beresolusi FullHD+ (2400 x 1080 piksel), dan telah bersertifi kasi TüV Rheinland Eye Comfort untuk memastikan kesejukan mata para penggunanya.

Layar ponsel lulus menampilkan warna dengan kontras dengan apik. Dimana tampilan layar serasa menyeruak keluar, memanjakan mata dengan tingkat kerapatan yang juga bagus. Anda bisa dengan jelas membaca teks baik dalam kondisi terang optimal di dalam ruangan, maupun cahaya berlebih di luar ruangan.

EMUI 10 Berbasis Android 10

Sedih memang, ketika kita menyadari bahwa Huawei Nova 7 termasuk perangkat Huawei yang tidak dibantu oleh Google Mobile Service. Sebab Huawei Mobile Service sang pengganti belum mampu menyaingi perpustakaan software dan dukungan penuh pihak ketiga yang ada di GMS.

Tapi jika dibandingkan dengan pengalaman kami menggunakan HMS perdana kali di Mate 30 Pro, pengalamannya jauh lebih lancar, gampang dan tidak bikin pusing sedang. Berkat kehadiran aplikasi menarik sebab Huawei, yakni Petal Search.

Umumnya, kita mencari aplikasi melalui Huawei AppGallery. Terutama untuk aplikasi-aplikasi dengan terkait perbankan lokal atau memerlukan security yang terjamin. Namun kalau Anda tidak menemukannya di danau, Anda tidak perlu lagi menginstal banyak aplikasi sebagai sumber apk (sideload), Anda hanya perlu membongkar-bongkar aplikasi tersebut lewat Petal Search. Petal search akan mencarikan yang terbaik untuk Anda, dari sumber yang relatif dapat dipercaya serta menginstalnya dari sana. Semudah itu.

Selama ini dekat tidak ada aplikasi yang tidak bisa diinstal kecuali beberapa aplikasi yang membutuhkan GMS termasuk YouTube. Sayang sekali memang, meskipun bisa diakali menggunakan browser. Tapi sebanyak game populer semisal PUBG Mobile dan game-game Garena bisa diinstal dengan mudah dan dimainkan dengan sempurna.

Kirin 985 5G Menjamin Kemampuan

Huawei Nova 7 membawa chipset berlaku dengan dukungan chip 5G ketiga yang dimiliki oleh HiSilicon, yaitu Kirin 985. Membawa prosesor secara pabrikasi 7nm dan terdiri dibanding 8 inti dengan konfi gurasi unik, guna mengurangi penggunaan daya secara lebih baik lagi.

Kaya halnya chipset anyar lain yang menggunakan asitektur NPU Huawei Da Vinci, performa chipset ini bisa meningkat hingga 173% dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dan mampu menolong kinerja aplikasi AI dengan lebih baik lagi.

Di dalam pengaplikasiannya, chipset ini menjanjikan kemahiran ngegame yang lebih lancar, berkat kehadiran Mali G77 GPU secara 8 inti, dan juga keefisienan penggunaan daya dengan skema satu inti big, 3 inti middle dan 4 inti LITTLE.

Beriringan dengan SoC ini, Nova tujuh juga telah dibekali dengan RAM sebesar 8 GB juga bagian penyimpanan internal sebesar 256 GB. Sayangnya, Anda tidak mungkin menaikkan besaran memori ini dengan sandaran memori ekstension, karena Nova tujuh tidak menyediakannya.

Pengisian Daya Cepat 40W

Membawa baterai standar kelas flagship, 4000 mAh, ponsel kelas menengah ke atas ini juga membawa sifat pengisian daya cepat 40W. Secara fitur ini Anda bisa memasukkan daya ponsel sampai 100% cuma dalam waktu kurang lebih kepala jam saja.

Tak sekedar ada, fitur pengisian ulang daya dengan cepat ini merupakan fitur dengan nampaknya harus mulai disediakan sebab semua ponsel jaman sekarang, seiring dengan semakin mobilenya pekerjaan kita.

Sensor-sensor Penting

Mungkin Anda berpikir bahwa ponsel yang dijual dengan harga segini mengorbankan banyak hal, terutama pada fitur yang tak kasat gegabah. Seperti misalnya koneksi dan sensor penting di dalam ponsel. Kenyataannya tidak demikian. Huawei Nova tujuh memiliki hampir semua sensor dengan bisa diterapkan dalam sebuah hp.

Sensor yang dimiliki Huawei Nova 7 diantaranya adalah gyro, proximity, e-compass, hingga ambient light. Fitur keamanan in-display fingerprint sensor serta face unlock. Hingga dukungan konektivitas, 4G dan 5G ready, Wi-Fi 5, Bluetooth 5. 1, mengikuti NFC.

4 Kamera Utama dan 1 Kamera Punch Hole

Tustel utama sebagai salah satu nama dari Huawei Nova 7 mengetengahkan konfigurasi empat lensa kamera. Masing-masing memiliki resolusi 64 MP f/1. 8, sebagai lensa utama, 8 MP Ultra Wide Angle f/2. 4, untuk memotret dalam sudut lebar, 8 MP Telephoto f/2. 4 yang mampu menangkap perbesaran gambar 3x secara optikal, 5x secara hybrid dan 20x secara digital, serta kamera 2 MP Macro f/2. 4 untuk memotret obyek dari dekat.

Keempatnya saling simultan mendukung pemotretan, sesuai dengan mode yang dipilih. Kamera utama Nova 7 tersebut mampu merekam video di status hingga 4K di 30 FPS, serta Slow Motion hingga 1080p@120FPS.

Sementara itu kamera selfie mempunyai resolusi 32 MP f/2. 0 dengan kemampuan rekam video hingga kualitas 4K di 30 FPS. Menariknya, kamera dari Huawei Nova 7 memiliki fitur Dual View Video yang memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan memanfaatkan tustel utama dan kamera selfie dengan bersamaan.

Hasil foto kamera belakang - Auto Normal

Hasil foto kamera buntut – Auto Normal

Hasil foto kamera belakang - Ultrawide

Hasil menjepret kamera belakang – Ultrawide

Hasil foto kamera belakang - Macro

Hasil foto kamera belakang – Macro

Hasil foto kamera belakang - Hybrid Zoom

Hasil foto kamera belakang berantakan Hybrid Zoom

Hasil foto kamera depan - Selfie

Hasil foto kamera depan – Selfie

Kesimpulan

Huawei Nova 7 membawa spesifikasi hardware dan software yang bisa dibilang mendekati flagship. Kamera jempolan, layar memanjakan sembrono dan performa gaming yang nisbi mulus merupakan tiga hal yang sulit dilewatkan oleh penggemar ponsel di kelas ini.

Sayangnya, ponsel ini tidak membawa GMS yang merupakan standar fasilitas dan kenyamanan dalam mengoptimalkan fungsi-fungsi yang disebutkan di atas. Meski sudah terbilang dapat diatasi secara baik lewat sejumlah terobosan perdana yang muncul di Nova 7, isu ini berpotensi dapat menghalangi niat pengguna ponsel yang tak mau repot mengutak-atik ponselnya.