Selasa, 07 Juli 2020 • 19: 21

OPPO Enco W11

Untuk mengokohkan pondasi bisnisnya sebagai “Technology Company”, OPPO kembali merilis produk IoT terbarunya yakni OPPO Enco W11.

Perangkat itu merupakan True Wireless Headphone paling baru yang hadir di kelas tanah air. Enco W11 sendiri pertama kali edar lewat rencana bundling dengan Disney and Pixar melalui karakter Toy Story.

Di pasaran Indonesia, Enco W11 merupakan produk TWS OPPO kedua setelah sebelumnya hadir OPPO Enco Free. Dan Enco W11 ini jadi TWS dengan harga terjangkau pertama besutan OPPO.

Enco W11 Disney Edition

Selain melalui edisi istimewa Disney, OPPO Enco W11 selalu menjadi salah satu bonus memikat untuk pembelian OPPO A92 corak terbaru. Sementara untuk penjualan langsungnya, Enco W11 bisa didapatkan dengan banderolan harga Rp 599. 000.

Unboxing

Buat yang penasaran seperti apa performa Enco W11 ini, PULSA mau mengupasnya secara lebih mendalam. Bertepatan, perangkat ini sudah ada dalam meja redaksi dan Enco W11 yang PULSA terima merupakan paket edisi khusus Disney and Pixar Toy Story.

OPPO Enco W11 unboxing

Dalam paket penjualannya, edisi khusus OPPO Enco W11 Disney and Pixars Toy Story Edition terdiri sebab satu unit Enco W11 beserta buku panduan dan garansi, kabel USB Type-C, Earbuds tip bunga dan softcase bertemakan Toy Story.

Charging Case

Berbeda dengan Enco Free yang punya charging case kotak, dalam Enco W11 charging case-nya memiliki dimensi sepertiga dari Enco Free dan bentuknya menyerupai kapsul. Bodinya dibalut bahan plastik solid, dengan tampil glossi.

Enco W11 Charging case

Uniknya, mekanisme buka-tutup charging case ini mirip kotak bedak atau cincin. Daan punya engsel yang fleksibel. Menariknya, untuk membuka atau menutup charging case Enco W11 ini mampu dilakukan dengan satu tangan sekadar.

Charging case Enco W11 sendiri memiliki magnet yang tertanam di bagian dalam bodi. Fungsinya, untuk memastikan case bisa tertutup dengan rapat dan tak mudah terbuka.

Di charging case ini, OPPO menancapkan baterai berkapasitas 400 mAh, 1. 48Wh yang dapat diisi kembali melalui port USB Type-C yang ada di bagian belakang bentuk. Berdasarkan spesifikasi di bagian kolong case, Enco W11 mendukung input daya 5V/1A dengan output 5V/0. 2A.

Baterai charging case

Di bagian dalam charging case, Anda akan menemukan ‘lubang’ tempat meletakan earbuds yang pada bagian atasnya memiliki konektor istimewa berbentuk jarum untuk proses pengisian ulang baterai earbuds.

Softcase Disney Little Monster

Zona, karena merupakan edisi khusus Disney, di perangkat yang dites DENYUT ini juga dilengkapi dengan softcase unik berbahan karet silikon. Dalam bagian depan, terlihat cukup nyata salah satu karakter Toy Story yakni Little Monster yang terlihat dari tiga buah mata serta kental nuansa warna hijau. Softace itu terdiri dari dua bagian, atas dan bawah. Untuk memasangkannya ke Charging case Enco W11, menggunakan perekat khusus 3M yang telah tersedia di bagian dalam softcase.

Earbuds

Rancangan desain earbuds Enco W11 menerapkan model in-ear, yang bagian ujungnya (eartips) masuk ke dalam lubang telinga. Desainnya berbeda dengan Enco Free yang menggunakan model open-fit. Di bagian ujungnya, ada karet silikon lembut untuk melekatkannya ke didinding telinga.

Earbuds

Desain earbuds bagian atas mempunyai konstruksi yang agak lebar, & disesuaikan dengan bentuk telinga. Berarti, meski tanpa pengait khusus, earbuds ini akan melekat erat pada telinga. Bobotnya pun cukup ringan, masing-masing earbud hanya memiliki berat sekitar 4, 4 gram.

Konsep in-ear serta desain earbuds yang diusing Enco W11 ini memiliki keunggulan dalam menyekat suara dari luar. Dengan menggunakan silikon earbud yang tepat, suara bising dari luas benar-benar hendak teredam. Di kotak pembelian, telah disediakan dua pasang eartips cadangan, dengan ukuran berbeda. Satunya sedang sudah terpasang di earbuds.

Earbuds Enco W11

Bluetooth 5. 0

Sebagai suatu True Wireless Stereo, earbuds Enco W11 tidak tersambung oleh kabel (wire) antara yang kiri maupun kanan. Untuk mengkoneksikan kedua earbuds, Enco W11 mengandalkan koneksi Bluetooth 5. 0 yang juga sebagai media penghubung ke smarphone.

Tidak seperti kebanyakan TWS murah meriah yang menerima petunjuk dari earbud satu ke sisi yang lain, teknologi Bluetooth pada Enco W11 ini mampu menerima sinyal di kedua sisi secara bersamaan. Selain itu, teknologi tersebut juga memiliki latensi yang lembut dengan koneksi yang sangat stabil. Untuk jangkauannya sendiri, Bluetooth dalam Enco W11 ini mendukung had 10 meter.

Buat proses pairing dengan smartphone, bisa dilakukan dengan mudah. Cukup secara mengaktifkan Bluetooth di smartphone, berantakan cari Enco W11 dan tap untuk menghubungkannya. OPPO Enco W11 sendiri tidak menyediakan tombol khusus untuk pairing. Tidak seperti kurang TWS sejenis yang menyertakan bincul tambahan.

Setelah terhubung, OPPO Enco W11 bisa tepat otomatis terkoneksi tiap charging case dibuka. Jadi, tidak perlu untuk pairing ulang lagi tiap hendak digunakan. Kemampuan ini tentunya benar memudahkan pengoperasian.

Touch Control

Selain memiliki penguasaan koneksi yang baik, OPPO Enco W11 juga menyertakan fungsi control berbasiskan sentuhan. Teknologi cerdas ini bisa diakses dengan menyentuh bodi earbuds baik kiri maupun kanan.

Dengan satu pukulan (tap), Anda bisa memutar ataupun menghentikan sementara (pause) pemutar irama. Anda juga bisa memilih trek lagu dengan dua kali ketukan (double tap). Double tap juga bisa digunakan untuk menjawab atau mengakhiri panggilan telpon.

Selain itu, Anda juga mampu mengaktifkan asisten suara dengan jalan mengetuk tiga kali (triple tap). Hanya saja, untuk fitur ini tergantung pula dengan dukungan asisten suara di smartphone. Dan kondisi lainnya, smartphone minimal sudah memakai ColorOS 6 ke atas.

Touch control juga mampu digunakan untuk menaikan atau menyandarkan volume suara. Sentuh dan awet beberapa saat earbud kanan buat meningkatkan volume suara, dan sebaliknya untuk menurunkan volume suara.

Kualitas Bahana Terbaik

Soal kualitas suara, sepertinya Enco W11 ini tidak perlu diragukan. Driver audio dinamis 8mm dengan tertanam di perangkat ini tampil dengan diafragma komposit berlapis titanium, dan memiliki tingkat sensitivitas 99 dB @1kHz. Chip audio tersebut diklaim mampu meningkatkan kualitas Bass dan memperkuat jangkauan frekuensi buat suara yang super jernih.

Saat diuji coba menggubris lagu dari player musik bawaan OPPO A92, suara Bass dengan keluar dari Enco W11 cukup nendang. Detil instrument musik & vokalnya pun tetap jernih. Tidak hanya itu, saat bermain game, suara yang dihasilkan pun pas baik dan tanpa lag. Sebagai informasi, Enco W11 juga menolong format audio AAC untuk status lagu yang lebih maksimal.

Bagaimana dengan kualitasnya masa digunakan berkomunikasi? Enco W11 ini mampu menyuguhkan suara yang betul jelas loh. Sokongan mikrofon khusus (-38 dBV/Pa) di Earbuds, pula sanggup menghadirkan komunikasi dua arah yang maksimal.

Semacam yang sudah disinggung sebelumnya, rancangan desain in-ear Enco W11 yang mampu mengisolasi suara bising di sekitar juga tidak lepas sebab sokongan fitur noise cancellation buah yang tentunya sangat bermanfaat semasa panggilan telpon berlangsung.

Teknologi ini mampu mengurangi kerusuhan yang tidak diinginkan dari lingkungan sekitar Anda. Bahkan di tempat-tempat ramai atau saat di lalu lintas yang ramai, panggilan telpon akan tetap berjalan dengan cantik.

Anti air dan Debu

Untuk mendukung semua aktifitas pengguna, OPPO Enco W11 dibekali sertifikasi IP55. Rating IP itu membuktikan bahwa Enco W11 tahan terhadap debu dan air. Masa digunakan berolah raga yang menyusun badan berkeringat, TWS ini lestari bisa berfungsi dengan baik. Sejenis pula saat Anda terjebak dalam hujan, Enco W11 tetap bisa digunakan.

Namun, secara IP55 ini Enco W11 tak disarankan untuk digunakan di dalam air (berenang) loh ya.

Baterai Awet 20 Jam

Ini merupakan salah satu keunggulan OPPO Enco W11. Bagaikan yang sudah disinggung sebelumnya, Enco W11 disokong baterai 400 mAh yang tertanam di charging case dan di earbuds juga dibenamkan baterai berkapasitas 40 mAh.

Untuk sekali pengisian, Anda bisa menikmati musik selama 5 jam non-stop (tanpa case). Kalau didukung dengan charging case, OPPO Enco W11 bisa bertahan tenggat 20 jam.

Hanya dengan 15 menit pengisian daya dapat melakukan waktu pemutaran irama selama 1 jam. Sementara untuk pengisian daya normal, dari gaya nol persen hingga penuh memerlukan waktu sekitar 120 menit.

Kesimpulan

Sebagai buatan TWS terbaru yang dibanderol secara harga cukup terjangkau, OPPO Enco W11 sepertinya memang cukup pantas dijadikan teman perjalanan dan pelengkap dalam menikmati hiburan. Pun begitu, untuk yang ingin beralih sejak headphone konvensional ke True Wireless, bisa mempertimbangkan perangkat satu ini.

Kemampuannya dalam men suara yang cukup nendang berkah teknologi audio terbaik di kelasnya, fitur pendukung yang komplit, dan performa baterai yang tercatat pas tahan lama, patut diapresiasi dan diacungi jempol.   Berbekal semua itu, OPPO Enco W11 agaknya akan sanggup bersaing dengan keluaran TWS yang mulai membanjiri rekan IoT negeri.