Jum’at, 26 Juni 2020 • 23: 39

OPPO Kids Space

OPPO Kids Space

 

Melakukan physical distancing dan membatasi aktivitas sungguh ruang mungkin akan terasa prosais bagi anak-anak. Beraktivitas di asing rumah seperti bermain dengan teman dan bersekolah, kini terpaksa tak bisa mereka lakukan karena pandemi yang belum sirna. Bagi sebagian orang tua mungkin sudah menggunakan berbagai cara untuk menghibur bujang mereka selama masa #BetterAtHome tersebut, salah satunya dengan meminjamkan unit smartphone.  

Menggunakan smartphone dan akses internet, anak-anak bisa berkomunikasi dengan guru ataupun teman mereka, bermain game ataupun menonton YouTube sebagai hiburan atau bagian dari edukasi. Meminjamkan gadget atau smartphone kepada anak-anak setidaknya bisa membantu mengurangi rasa bosan selama pembelajaran di sekolah belum kembali normal. Meski demikian, buah dari era digital ini menyampaikan tantangan baru bagi para orang tua. Anak-anak semakin mudah memperoleh akses internet yang menyajikan konten beragam, mulai dari konten untuk anak-anak hingga dewasa.

Akan tetapi, tantangan itu seharusnya menjadikan orang tua beserta merta merasa phobia terhadap internet dan mengambil jarak dengan teknologi. Sebaliknya, orang tua perlu untuk mendampingi anak-anak selama proses belajar-mengajar secara online. Anak-anak juga perlu memperoleh transformasi digital secara tentu sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab ketika mengakses internet meniti perangkat smartphone.

Salah satu solusi untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan menggunakan Kid Space dan Parental Controls. Ke-2 fitur yang ada di smartphone OPPO A92 tersebut membantu orang tua untuk memantau aktivitas anak-anaknya pada penggunaan ponsel cerdas.

Mode Kid Space pada A92 merupakan fitur untuk mengendalikan dengan penuh penggunaan smartphone oleh anak-anak. Para orang tua bisa menunjukkan aplikasi yang boleh diakses sebab anak dan durasi penggunaan yang dapat diatur mulai dari 15 menit, 30 menit, dan seterusnya. Jika sudah terpasang, mode Kid Space tidak akan menampilkan aplikasi-aplikasi lain yang ada di smartphone kecuali yang sudah dipilih sebab wali. Selain itu, Kid Space juga memiliki fitur untuk menghalangi anak melakukan pembelian items sebab game atau aplikasi yang mereka mainkan dan juga membatasi penerapan kuota internet.

Sementara itu, Parental Controls bermanfaat untuk memonitor penggunaan smartphone secara terpisah jika anak memiliki hp pintar sendiri. Jadi para karakter tua bisa memantau aktivitas pada menggunakan gawainya dari perangkat yang terpisah. Cara ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Family Link dari Google Play Store. Melalui aplikasi Google Family Link ini, orang tua dapat memantau dan membatasi aplikasi-aplikasi yang boleh diunduh oleh anak. Hal ini dapat mencegah anak-anak untuk tidak men-download konten atau game yang seharusnya belum boleh mereka tonton & mainkan.

Dengan fitur Kid Space dan Parental Controls yang ada di OPPO A92, para orang tua tidak perlu lagi khawatir berbagi penggunaan smartphone dengan anak-anak mereka. Orang tua pula bisa mengendalikan penggunaan smartphone & mengarahkan anak-anak untuk tetap bijak dalam menggunakan perangkat digitalnya.