Jakarta, Selular. ID – Dalam rangka memperluas penggunaan & memperkaya fitur aplikasi PeduliLindungi, beserta untuk mengakselerasi upaya pemutusan tanda rantai penyebaran COVID-19, Kementerian Koneksi dan Informatika (Kominfo) bekerja setara dengan Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan GrabHealth.

Ikhsan Baidirus, Plt. Direktur Telekomunikasi, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pangkalan dan Informatika Kementerian Kominfo, menyampaikan bahwa “, demi memperkuat servis di aplikasi PeduliLindungi, Kementerian Kominfo merasa perlu untuk bekerja serupa dengan layanan telemedis tepercaya seperti GrabHealth powered by Good Doctor, agar kami bisa menyediakan fitur layanan yang lebih komprehensif. ”

Upaya ini dikerjakan untuk menyediakan layanan telekonsultasi dan pemeriksaan kesehatan mandiri bagi para pengguna. Kehadiran layanan telemedis daripada GrabHealth powered by Good Doctor di PeduliLindungi sudah bisa diakses pengguna mulai tanggal 18 Desember 2020 untuk melakukan cek kesehatan tubuh dari rumah selama masa pandemi.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan konsultasi dokter ijmal 24/7 secara gratis tanpa pemisah maksimal pemakaian sampai akhir tahun 2020. Dengan memanfaatkan layanan GrabHealth powered by Good Doctor, pemakai bisa melakukan konsultasi dan respon cepat dari lebih 10. 000 mitra dokter kami. ” sirih Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, melalui keterangan resmi yang diterima Selular, Rabu (23/12).

Aplikasi PeduliLindungi sendiri dapat melakukan fungsi penelaahan (tracing), pelacakan (tracking), dan peringatan (warning dan fencing) terhadap lokasi sekitar. Targetnya adalah untuk menggambarkan dan memantau pergerakan orang- karakter yang pernah dinyatakan terkena urusan COVID-19. Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga menghadirkan menu ‘teledokter’ untuk memberikan pelayanan medis secara online (telemedis) kepada masyarakat setiap saat selama 24 jam, seperti dengan disediakan GrabHealth powered by Good Doctor.

Pengguna juga dapat mengakses layanan GrabHealth powered by Good Doctor pada menu ‘teledokter’ atau ‘periksa diri’ pada beranda aplikasi PeduliLindungi. Layanan “Periksa Kesehatan Mandiri” berupa formulir isian yang berguna untuk mengindikasi pengguna dengan risiko COVID-19 rendah, sedang, maupun tinggi. Sedangkan layanan “Konsultasi Dokter” dapat dimanfaatkan pengguna buat melakukan konsultasi online dengan mitra dokter profesional dari GrabHealth powered by Good Doctor.

Baca juga:   IDI serta Good Doctor Targetkan 10 Juta Pemuda Lawan Covid-19

Sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu hingga saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah diunduh oleh 4. 594. 153 pengguna. Aplikasi PeduliLindungi akan dikembangkan dengan melengkapi beragam fitur yang akan dapat meremehkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan pada tengah pandemi, salah satunya kegiatan screening dan e-passport untuk melangsungkan perjalanan juga untuk mendata asosiasi yang telah melakukan cek vaksin.