Jakarta, Selular. ID – Konferensi teknologi tahunan Start Summit kembali digelar, acara ini akan digelar 3 Juli 2021 kelak. Berbeda dari tahun berserakan, kali kedua Start Summit ini akan diselenggarakan dengan virtual.

Leontinus Alpha Edison, Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, membaca, Tokopedia Start Summit 2021 mengusung tema ‘Transforming Indonesia Through Technology Together’. Ini juga sekaligus sebagai jalan untuk mendukung percepatan di mencetak talenta digital dalam Indonesia.

“Tokopedia terus berupaya mendukung pertambahan talenta digital Indonesia serta membentuk ekosistem yang kolaboratif. Salah satunya melalui Start Summit, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi, hingga komunitas digital, dengan memiliki semangat sama di dalam memajukan industri teknologi Nusantara. ” tutur Leontinus Alpha Edison, dalam acara yang digelar secara virtual, (30/06/21).

Menurutnya mau ada tiga topik utama yang akan dibahas pada Start Summit 2021, yaitu Core Engineering, Infrastructure dan Productivity serta Data. Setimbal talenta digital Tokopedia mau membagikan berbagai informasi mulai dari pemrograman, pengembangan keluaran, pengelolaan kampanye yang melekat, strategi multi-cloud dan bermacam-macam inovasi lain.

Seluruh kelas yang ada dalam rangkaian kegiatan Tokopedia Start Summit 2021 itu dapat diakses secara gratis. Masyarakat cukup melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy.

Selain Start Summit, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan beragam inisiatif untuk talenta digital Indonesia, misalnya Start Summit Extension, Start Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi secara universitas misal dalam membikin AI Center hingga modul perkuliahan, dan masih penuh lagi.

Di sisi lain, Tokopedia serupa telah menghadirkan dua inisiatif guna mendukung Program Kampus Merdeka besutan Kemendikbud Ristek RI. Pertama, program Calon Bersertifikat yang tersedia buat tiga bidang yaitu Software Engineering, Marketing dan Business Development. Kedua, Hackathon Devcamp yang merupakan kompetisi membuat produk dan solusi dalam waktu sangat singkat.

Sementara Herman Widjaja, CTO and SVP of Engineering Tokopedia, mengatakan di mengejar transformasi digital, Indonesia berbeda dengan negara lainnya. Kalau beberapa negara melaksanakan transformasi digital dimulai dengan perangkat desktop, Indonesia langsung melompat ke perangkat mobile.

“Bisa dilihat growth digitalnya dari 5 tahun ke belakang berkembang pesat banget. Itu siap gambaran bagaimana serunya Indonesia jadi digital market, ” ujarnya.

Baca Juga: Respon Kritik Megawati, Tokopedia: Hanya Menerima Pedagang dan Fasilitasi Transaksi sebab Indonesia

Selain potensi market yang kudu tetap sehat, Herman memandang talenta digital pun perlu diperhatikan karena mereka dengan memiliki growth mindset dan inovasi ke depannya. Inilah yang jadi salah kepala dasar Tokopedia Start Summit 2021 kembali digelar.