Rabu, 13 Mei 2020 • 17: 10

Pandemi Covid-19 berdampak di seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya komunitas masyarakat terdampak ialah para penyandang disabilitas. Situasi itu menggerakkan XL Axiata untuk menyumbang kepada penyandang tuna netra pada beberapa kota di Jawa Sedang dan Sumatera. Bantuan ini diserahkan secara bertahap mulai 3 Mei 2020.

Untuk pembagian donasi di area Jawa Tengah, XL Axiata bekerjasama dengan Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Tengah. Area penyaluran bantuan di  tiga kabupaten, yaitu Sragen, Boyolali, dan Grobogan.   Penjatahan bantuan dari XL Axiata disesuaikan dengan kebutuhan utama mereka di tengah pandemi berupa bahan sasaran. Total ada sekitar 50 orang penyandang disabilitas di ketiga daerah yang mendapatkan bantuan ini.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, “Pandemi saat itu beimbas terhadap sebagian besar bangsa di Indonesia, tidak terkecuali darah kita para penyandang tuna netra. Penerapan physical distancing dan stay at home berdampak terhadap berkurang hingga hilangnya mata pencaharian mereka yang sebagian besar bekerja jadi tukang pijat, pengamen hingga penjual makanan keliling. Semoga donasi tersebut bisa bermanfaat bagi mereka. ”

Perwakilan DPW ITMI Provinsi Jawa Tengah, Hidayat mengutarakan, seiring dengan munculnya himbauan buat menghindari penularan virus Corona semenjak pertengahan Maret 2020 lalu, permintaan layanan jasa para penyandang tuna netra juga menurun secara tajam. Menurutnya, bantuan dari XL Axiata ini sangat membantu kebutuhan tim mereka.

Sementara tersebut di Sumatera, XL Axiata  bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan sumbangan sembako di ketiga kota di dalam Jum’at (8/5).

Total ada sekitar 200 bagian sembako yang dibagikan. Di Kawasan ada 60 paket, sementara tersebut di Palembang dibagikan 75 bagian, dan di Pekanbaru 65 bagian. XL Axiata dan PFI meminta paket sembako yang disalurkan bisa bermanfaat buat anggota Pertuni dan keluarga.

XL Axiata terus berusaha melanjutkan kontribusi di mitigasi Covid-19 di Indonesia. Tenggat saat ini dukungan untuk berfungsi dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota bahan 2GB/hari secara gratis. Penguatan jaringan di sekitar rumah sakit punca utama pun terus dilakukan. Selain itu, bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), XL Axiata telah menyalurkan berbagai bantuan termasuk ribuan alat pelindung diri & baju hazmat bagi tenaga medis di sejumlah daerah di Nusantara.